Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah TP 2020/2021

A. Pengerian

Apa yang dimaksud dengan SOP (Standard Operating Procedure)? Pengertian SOP adalah suatu dokumen berisi prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling efektif.

Penggunaan istilah SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam bidang bisnis terutama yang bergerak dalam sektor industri mungkin sudah tidak asing lagi. Namun dalam dunia pendidikan, Standar Operasional Prosedur juga merupakan pedoman atau acuan dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku di perusahaan.

Standar Operasi dan Prosedur yang sering disingkat SOP wajib dimiliki oleh setiap jenjang Madrasah atau Sekolah. SOP dibuat selama lima tahun sekali oleh Kepala Madrasah/Sekolah. Dengan dibuatnya Standar Operasi dan Prosedur (SOP) maka Madrasah akan senantiasa terjaga konsisten serta level kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Untuk menghindari serta antisipasi kesalahan dalam praktek kerja di Madrasah, SOP bisa dijadikan acuan dasar. Karena memang SOP itu isinya mencakup skenario kedepan seluruh elemen delapan standar yang menjadi pilar utama keberhasilan pendidikan.

B. Tujuan Dan Manfa’at

Tujuan utama Madrasah atau Sekolah membuat Standar Operasi dan Prosedur adalah agar Madrasah memiliki struktur skenario yang jelas selama lima tahun kedepan. Rancangan Madrasah kedepan semua dituangkan dalam SOP tersebut. Dan yang harus dibuat dalam rancangan SOP mencakup seluruh elemen delapan standar, seperti Standar Isi, Standar Proses, dan lain-lain. Dari masing-masing standar dibuat uraian lagi sesuai dengan kebutuhan Madrasah dalam memenuhi semua kegiatan yang biasa dilakukan. Contoh yang mencakup Standar Isi adalah Madrasah perlu menyusun SOP pembuatan Kalender Pendidikan, dan SOP penyusunan Kurikulum.

Selanjutnya dengan membuat Standar Operasi dan Prosedur (SOP) maka semua anggota Dewan Madrasah akan mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing. Karena didalam SOP sudah ditentukan peran serta anggota Dewan Madrasah demi menunjang suksesnya pendidikan yang mereka kelola. Jika SOP dibuat dengan tepat, maka semua dewan guru akan mengetahui jenis tugas-tugasnya yang akan mereka perbuat. Sehingga pelaksanaan pembelajaran akan mempunyai acuan yang terarah, tidak asal-asalan. Guru akan paham alur tugas serta wewenangnya apa saja selama membaktikan diri di Madrasah.

Setelah melihat uraian diatas, maka jelaslah banyak manfa’at yang akan diraih jika Madrasah membuat Standar Operasi dan Prosedur (SOP). Singkatnya SOP itu adalah semacam skenario film, dan sutradaranya adalah Kepala Madrasah. Guru bisa dengan mudah melakukan praktek mengajarnya setelah mempelajari SOP. Semua hambatan-hambatan selama bekerja di dunia pendidikan akan mudah dilacak, setelah hambatan tersebut dirasakan sesuai dengan pengalaman.

Standar Operasi dan Prosedur (SOP) itu tidak baku. Jadi jika dikemudian hari SOP telah diaplikasikan dan terdapat kekurangan, maka SOP tersebut bisa diperbaiki lagi sesuai dengan kebutuhan. Atau SOP bisa juga lebih dilengkapi lagi jika memang dibutuhkan.

Pada pelaksanaannya, ada beberapa tujuan SOP yang bermanfaat bagi operasional suatu satuan pendidikan, yaitu:

  1. Untuk menjaga konsistensi kinerja atau kondisi tertentu, dan kemana petugas dan lingkungan dalam pelaksanaan pekerjaan atau tugas tertentu
  2. Untuk memberikan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pekerjaan atau tugas bagi supervisor dan pekerja
  3. Membantu menghindari kesalahan, konflik, keraguan, duplikasi, serta pemborosan, dalam pelaksanaan pekerjaan
  4. Memberikan ukuran atau parameter dalam penilaian mutu kerja atau pelayanan
  5. Memberikan jaminan penggunaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  6. Menjelaskan urutan dan alur kerja, wewenang dan tanggungjawab para petugas yang terkait
  7. Sebagai dokumen yang memberikan penjelasan dan penilaian proses pelaksanaan kerja bila terjadi mal praktek atau kesalahan administratif
  8. Sebagai dokumen yang dapat digunakan pada kegiatan pelatihan
  9. Menjadi dokumen sejarah jika dilakukan revisi SOP dan menggantinya dengan SOP baru

C. Fungsi SOP / Standar Operasional Prosedur

Setelah memahami pengertian SOP dan tujuannya, tentu kita juga perlu mengetauhi apa saja fungsi Standar Operasional Prosedur ini. Berikut adalah beberapa fungsi SOP:

  1. Membantu untuk memudahkan pekerjaan para pegawai atau tim/ unit kerja
  2. SOP dapat berfungsi sebagai dasar hukum yang kuat bila terjadi penyimpangan
  3. SOP dapat berfungsi untuk memberikan pengetahuan mengenai hambatan-hambatan yang akan dan sedang dialami oleh pegawai
  4. SOP dapat memberikan arahan kepada para pegawai agar saling menjaga kedisiplinan dalam bekerja
  5. Berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kerja atau tugas

D. Prinsip-Prinsip SOP

Mengacu pada pengertian SOP, maka dalam menerapan Standar Operasional Prosedur dalam perusahaan perlu memenuhi prinsip-prinsip SOP berikut ini:

  1. Konsistensi, Karena tujuannya sebagai pedoman kerja, maka SOP harus dibuat dan dilaksanakan secara konsisten dari waktu ke waktu dan oleh siapapun dengan kondisi apapun.
  2. Komitmen, SOP harus dipenuhi dan dilaksanakan dengan penuh komitmen, baik untuk pegawai maupun jajaran petinggi perusahaan.
  3. Perbaikan Berkelanjutan, SOP tidak bersifat kaku dimana dalam pelaksanaannya SOP harus terbuka dengan penyempurnaan untuk membentuk prosedur yang lebih efektif dan efisien.
  4. Mengikat, Meskipun SOP bersifat dinamis terhadap penyempurnaan, namun dalam praktiknya, SOP bersifat mengikat bagi siapapun. Pekerjaan atau tugas harus diselesaikan sesuai dengan prosedur yang sudah tertulis dalam SOP.
  5. Setiap Unsur Memiliki Peran Penting, SOP mengandung peran-peran penting setiap pegawai sehingga jika terdapat satu pegawai yang tidak melaksanakan perannya dengan baik maka dapat menganggu proses lainnya.
  6. Terdokumentasi, Setiap prosedur yang tercantum di dalam SOP hendaknya dilakukan dokumentasi dengan baik sehingga dapat dijadikan referensi bagi anggota lain yang membutuhkan.

E. Cara Membuat Standar Operasi Dan Prosedur (SOP) Madrasah?

Untuk memudahkan Anda jika memang Madrasah yang Anda kelola belum memiliki SOP, maka dibawah ini saya akan berbagi file contohnya. File tersebut format dokumen (.doc). Artinya nanti Anda bisa melakukan perubahan data (edit) seperlunya, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. File .doc SOP ini gratis, Anda bisa download sepuasnya. SOP yang saya bagikan tersebut hanya untuk SOP Madrasah tingkat dasar saja, atau Madrasah Tsanawiyah.

STANDAR OPERASI DAN PROSEDUR (SOP) MTs NU Raum 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s