ASESMEN

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kondisi yang berbeda yang dialami oleh guru, mengakibatkan timbulnya
berbagai kendala dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Oleh
karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan oleh Direktorat Guru dan
Tenaga Kependidikan Madrasah untuk mengukur profesionalisme guru,
kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis.

Pengukuran akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan
menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).
Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan
penting dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional.

Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, Kementerian Agama
menyelenggarakan layanan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Ditjen
Pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah
peningkatan mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala
madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah. Peningkatan mutu guru,
kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan
melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).

Lokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui
kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.

Salah satu langkah awal sebelum melakukan Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah.

Baseline data pemetaan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui
Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah. Bentuk dukungan pemerintah terhadap Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui implementasi proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for
Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) – yang disingkat RealEdPro atau MEQR, yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama yang sumber pendanaannya melalui Pinjaman Luar Negeri Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 sampai dengan 2024.

TUJUAN AKG, AKK dan AKP

  1. Memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan profesional guru, kepala dan pengawas madrasah dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
  3. Tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah yang akan dijadikan rapor kompetensi sebagai acuan kepada semua pihak terkait dalam menyusun kebijakan pengembangan keprofesionalan guru, kepala dan pengawas madrasah.

SASARAN AKG, AKK dan AKP

Sasaran kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah ini adalah semua guru, kepala dan pengawas madrasah pada semua jenjang; mulai jenjang MI, MTs, dan MA/MAK dengan rincian sebagai berikut:

  1. Guru MI = 182.125
  2. Guru Mts = 120.547
  3. Guru MA = 54.873
  4. Kapala Madrasah = 82.270
  5. Pengawas Madrasah = 3.659

Manfaat AKG, AKK dan AKP
Manfaat kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan memberikan manfaat sebagai berikut :

  • Bagi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah

Hasil Asesmen ini merupakan informasi bagi guru, kepala dan pengawas madrasah terhadap kompetensi yang dimiliki sehingga bisa digunakan sebagai dasar untuk memprioritaskan upaya dalam meningkatkan kompetensinya secara mandiri atau secara bersama-sama.

  • Bagi Madrasah

Hasil asesmen membantu pengelola madrasah untuk mengetahui peta

kompetensi guru serta sebagai bahan dalam menyusun rencana pengembangan madrasah terutama dalam meningkatkan sumber daya
manusia di madrasah sesuai dengan visi dan misi madrasah.

  • Bagi Kementerian Agama Kabupaten/Kota

Hasil asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah
digunakan oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota
untuk menyusun rencana penyelenggaraan PKB di wilayahnya, kemudian
dilaporkan dan dikoordinasikan kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi melalui bidang Pendidikan Madrasah;

  • Bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi

Laporan hasil asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas
madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota digunakan
untuk mengetahui peta kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah
serta digunakan untuk menyusun kebijakan penyelenggaraan
pengembangan keprofesian berkelanjutan di provinsi.

  • Bagi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menerima laporan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi tentang rencana penyelenggaraan PKB di Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi dalam menyusun, merencanakan kegiatan dan mengalokasikan anggaran yang dibutuhkan secara nasional. 
Untuk file lengkap Juknis Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah (AKG, AKK dan AKP) ——DOWNLOAD DISINI——–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s