Kriteria Belajar Minimal 2020/2021

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara menghitung KBM atau Kriteria Belajar Minimal. Ini merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam dunia pendidikan untuk menentukan seberapa baik kualitas dari murid tersebut di setiap mata pelajaran yang diberikan oleh sekolah.

KBM (Kriteria Belajar Minimal) merupakan kriteria batas nilai paling rendah yang diberikan kepada peserta didik mencapai ketuntasan KBM biasanya sudah ditetapkan pada awal tahun ajaran baru dan biasanya beberapa satuan pendidikan memiliki karakter yang sama.

Untuk menentukan KBM tersebut harus mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik itu sendiri serta kemampuan sumber daya pendukung seperti misalnya sarana prasarana dan lain sebagainya.

Biasanya setiap mata pelajaran memiliki nilai KBM yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan, saran dan lain sebagainya. Berikut beberapa langkah untuk menentukan KBM :

1. Hitunglah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas.

2. Tentukan kekuatan / nilai untuk setiap aspek / komponen sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek.

  • a. Aspek kompleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, dan semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
  • b. Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
  • c. Aspek intake. Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi pula.

3. Jumlah nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi tiga untuk menentukan KBM setiap KD.

4. Jumlahkan seluruh KBM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KBM mata pelajaran

5. KBM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama, tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

Lebih jelasnya berikut penulis sajikan contoh tabelnya :

Atau dengan menggunakan poin /skor pada setiap kriteria yang ditetapkan

Contoh :

Kompetensi Dasar/IndikatorKriteria pencapaian ketuntasan belajar siswa (KD/indicator)Kriteria Ketuntasan Minimal
KompleksitasDaya dukungintakeKDMapel
A.    Mengidentifikasi sifat larutan non elektrolit berdasarkan data hasil percobaan 1.      menyimpulkan gejala-gejala hantaran arus listrik dalam berbagai larutan berdasarkan hasil pengamatan. 2.      mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya 3.      menjelaskan penye-bab kemampuan laru-tan elektrolit meng-hantarkan arus listrik. 4.      menjelaskan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar        Rendah (80)         Sedang (70)           Tinggi (65)       Tinggi (65)              Tinggi (80)       Tinggi (80)         Tinggi (80)     Tinggi (80)        Sedang (70)       Sedang (70)         Rendah (65)     Rendah (65)        77         73           65       70

Untuk mencari KKM per KD Langkah penghitungannya :


Mencari nilai KKM Mapel :


Nilai KKM Mapel merupakan angka bulat, maka nilai KBM 72,5 dibulatkan menjadi 73. Semoga Bermanfaat.

Dwonload KBM MTS NU Raudlatul Muallimin Wedung Tahun 2020/2021 (DISINI)

2 respons untuk ‘Kriteria Belajar Minimal 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s